Cara Hapus Akun Telegram

Cara Hapus Akun Telegram untuk Pemula

Cara hapus akun Telegram biasanya dicari oleh pengguna yang mungkin sudah tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, dihapus dari perangkat adalah jalan satu-satunya agar bisa menghemat kapasitas penyimpanan.

Telegram sempat menjadi saingan bagi WhatsApp yang juga sama-sama memiliki fitur untuk mengobrol secara online. Karena akan dihapus dari perangkat, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya pada ulasan lengkap di bawah ini.

Cara Hapus Akun Telegram dan Backup Datanya dengan Mudah

Telegram menyediakan dua opsi untuk menghapus akunnya melalui ponsel secara langsung atau lewat peramban web. Kamu bisa memilih salah satu dari kedua opsi tersebut, sekaligus melakukan backup data yang ada.

1.      Menghapus lewat ponsel secara langsung

Buka aplikasi kemudian masuk ke bagian ‘Pengaturan’, kemudian pilih opsi ‘Privacy and Security’. Pada pilihan ‘If Away For’, kamu bisa mengatur durasi waktu kapan aplikasi tersebut akan terhapus secara otomatis.

Cara hapus akun Telegram lewat ponsel termasuk sangat mudah karena prosesnya telah disediakan secara lengkap. Selama pengaturan rentang waktu penghapusan tiba, kamu masih bisa menggunakan aplikasi meski statusnya segera dihapus.

2.      Menghapus lewat peramban

Berikutnya adalah melakukan penghapusan lewat peramban yang diakses lewat PC maupun laptop. Pertama buka browser, masuk ke alamat ‘https://my.telegram.org/auth?to=deactivate’, masukkan nomor telepon terdaftar, kemudian klik opsi ‘Sign In’.

Dari tiga opsi yang akan muncul, pilih ‘Delete Account’ dan berikan alasan kenapa melakukan penghapusan. Selanjutnya klik ‘Delete My Account’ dan tunggu proses konfirmasi penghapusan akun aplikasi tersebut hingga selesai.

3.      Proses backup data agar tidak hilang

Sebelum menerapkan cara hapus akun Telegram di atas, kamu bisa melakukan backup terhadap data-data yang ada. Buka aplikasi di laptop atau PC dan login menggunakan QR Code atau nomor telepon.

Kemudian masuk ke ‘Settings’, pilih ‘Adcanced’ lalu klik ‘Export Telegram Data’ dan pilih data apa saja yang ingin di-backup. Pilih format HTML pada opsi ‘ Location and Format’, kemudian tunggu prosesnya.

Cara Menghapus Akun Telegram dengan Metode Lainnya

Selain kedua metode di atas, kamu juga bisa menghapus akun Telegram dengan beberapa cara lainnya. Masing-masing bisa dilakukan tanpa menggunakan kode verifikasi, mengajukan penghapusan karena di-hack, hingga dihapus secara permanen.

1.      Menghapus tanpa menggunakan kode verifikasi

Cara hapus akun Telegram tanpa menggunakan kode verifikasi bisa dilalukan dengan meminta bantuan pihak Telegram sendiri. Kalian hanya perlu menyiapkan keterangan penghapusan tersebut dan diminta memberikan email dan nomor telepon.

Usahakan agar memberikan alamat surel asli serta nomor telepon aktif untuk memudahkan proses penghapusan. Setelah memberikan keterangan, klik ‘Submit’ dan tunggu konfirmasi proses penghapusan untuk beberapa saat dari pihak Telegram.

2.      Pengajuan hapus akun karena di-hack

Pengajuan penghapusan akun juga bisa dilakukan dengan alasan peretasan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Caranya adalah mengunjungi laman Telegram non-aktif dan masukkan nomor telepon terdaftar untuk membuka akun sebelumnya.

Cara hapus akun Telegram karena peretasan akan langsung disetujui karena alasan keamanan, sehingga bisa terhapus seketika. Kamu hanya tinggal memberikan keterangan karena diretas kemudian klik tombol ‘Submit’ dan tunggu prosesnya.

3.      Menghapus akun secara permanen

Untuk opsi satu ini, kamu harus membuka aplikasi lewat situs web resmi Telegram dan masukkan nomor telepon milik akun. Setela itu, sebuah ‘Confirmation Code’ akan otomatis dikirimkan untuk proses selanjutnya.

Berikan alasan kenapa menghapus akun kemudian klik ‘Done’ dan pilih ‘Yes, delete my account’ untuk menyelesaikan prosesnya. Tidak perlu menunggu waktu lama, semua data secara otomatis akan dihapus secara permanen.

Menghapus aplikasi pada perangkat seluler memang menjadi satu-satunya cara jika sudah tidak lagi dibutuhkan. Jika kamu merasa kesulitan ketika melakukannya, cara hapus akun Telegram seperti di atas bisa menjadi panduannya.

hapus akun tiktok -

You cannot copy content of this page