cara agar HP tidak disadap pinjaman online

7 Cara agar HP Tidak Disadap Pinjaman Online

Tiba-tiba sering dapat notifikasi akun pinjol? Hati-hati, bisa jadi kontak kamu sedang disadap. Untuk itu, ketahuilah cara agar HP tidak disadap pinjaman online sehingga aman dari pinjol.

Bagaimana Pinjol Bisa Menyadap Data Pribadi?

Akhir-akhir ini, layanan pinjaman online alias pinjol memang meresahkan. Apalagi sekarang banyak pinjol yang melakukan penyadapan. Tentunya, hal tersebut bisa mengancam keamanan dan data privasi pengguna.

Dikutip dari laman Tirto.ID, pinjol saat ini mudah mengakses data pribadi akibat adanya akses IMEI oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apa itu IMEI?

International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor unik yang berguna mengidentifikasi telepon seluler pengguna. Kemampuan pinjol dalam mengakses IMEI tersebut berpeluang besar dapat disalahgunakan untuk melakukan penyadapan.

Melalui IMEI tersebut, pinjol bisa menyadap percakapan peminjam. Apabila gagal melakukan pembayaran, pinjol dengan leluasa dapat mengancam korban. Caranya dengan menyebarluaskan isi percakapan sehingga membuat korban malu.

Kamu tidak ingin terkena penyadapan pula, bukan? Makanya, ketahui beberapa cara agar HP tidak disadap pinjaman online. Dengan begitu, data privasi kamu lebih aman jika memang sudah terlanjur mengajukan pinjol dari layanan ilegal.

7 Simple Hack Mencegah Penyadapan Pinjol

Namun, bagaimana cara agar HP tidak disadap pinjaman online? Daripada terus penasaran, berikut beberapa tips mencegah penyadapan pinjol yang bisa kamu coba.

1.     Hapus Aplikasi Pinjol

Salah satu alasan mengapa pinjol bisa menyadap HP, yakni karena pengguna masih memasang aplikasi tersebut. Lakukan segera penghapusan aplikasi pinjol tersebut. Selain itu, kamu juga harus menghapus semua data yang berkaitan dengan pinjol.

Caranya bagaimana? Cukup buka menu Pengaturan lalu menuju bagian Aplikasi. Temukan folder yang berisi aplikasi pinjol tersebut, kemudian hapus semua data dan cache yang ada di dalamnya.

2.     Ganti nomor

Cara agar HP tidak disadap pinjaman online berikutnya adalah dengan mengganti nomor HP. Dengan mengganti kartu SIM Card, setidaknya membuat pinjol kesulitan menghubungi kamu. Hal ini juga membantu menghilangkan jejak akses data yang pinjol lacak.

3.     Hubungi Call Center Pinjol

Cara mencegah penyadapan pinjol yang satu ini bisa kamu terapkan apabila pinjaman online tersebut bertanggungjawab. Maksudnya, tidak melakukan penyalahgunaan data atau memiliki kredibilitas.

Pastikan bahwa semua urusan kamu dengan pinjol kelar terlebih dahulu sehingga kamu dapat melakukan cara ini. Setelah itu, hubungi call center pinjol dan minta penghapusan data pribadi agar pinjol tidak dapat menyalahgunakannya suatu hari.

4.     Jangan asal memberikan izin akses

Ketika ingin mengajukan pinjaman online lewat aplikasi, sebaiknya tidak memberikan izin akses aplikasi secara penuh. Misalnya, akses informasi kontak, foto, video, alamat, dan lainnya.

5.     Pahami syarat dan ketentuan pinjol

Hal paling utama sebelum memilih layanan pinjol adalah mengenal dan memahami layanan tersebut termasuk syarat dan ketentuannya. Jangan sampai kamu menyesal karena iming-iming yang ditawarkan pinjol tersebut.

6.     Pilih pinjol resmi

Alih-alih mendapat pinjaman online secara mudah tapi tidak resmi, bila keadaan memaksa lebih baik memilih pinjol resmi meski banyak persyaratannya. Ini sangatlah penting untuk menjaga keamanan data pengguna.

Memasang aplikasi pinjol resmi juga lebih aman karena tidak rentan kena malware. Kemunculan malware bisa jadi virus yang berbahaya dan menyadap data pengguna. Segera cegah dengan cara menghapus virus di HP tersebut.

7.     Hubungi pihak OJK

Apabila masalah kamu dengan pinjol benar-benar serius dan tidak dapat diselesaikan dengan pihak pinjol, maka kamu dapat meminta bantuan pihak OJK.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki kewenangan untuk memblokir pinjol yang tidak beres kinerjanya. Caranya, cukup kunjungi melalui situs resmi ojk.go.id atau WA 081-157-157-157.

Itulah rangkain info terkait cara agar HP tidak disadap pinjaman online tersebut. Sekali lagi, jangan pernah mudah terpercaya pada iklan pinjol yang terbukti keamanannya.

You cannot copy content of this page