Tips Beli Gadget Bekas, Terbaik dan Termurah

Tips Beli Gadget Bekas, Terbaik dan Termurah!

Bukan hal aneh bila berkeinginan mengganti smartphone dengan beli gadget bekas karena sesuai dengan budget. Bila kamu teliti sebelum membeli, bukan hal mustahil mendapatkan barang mulus.

Sekedar tahu membeli smartphone bekas saja tidak cukup. Kamu juga harus mengetahui merk apa yang kamu incar atau bagaimana prosesor terdapat dalam gadget tersebut.

Alasan lain yang membuat seseorang memilih gadget bekas adalah pengalaman merasakan ponsel dengan harga lebih terjangkau namun kualitas masih terjaga dan performa baik.

Tips atau Cara Beli Gadget Bekas

Beberapa pertimbangan dalam membeli gadget second atau bekas dengan kualitas tidak kalah jauh dari harapan dan tentu terhindar dari penipuan. Berikut beberapa cara perlu kamu tahu.

1.      Tahu Apa yang Kamu Beli

Di luar hala terlalu bersifat teknis, tanyakan kenapa dirimu,”Kenapa harus membali gadget tersebut?” atau “Apakah gadget ini bisa membantu untuk bekerja, mendesain, dan lain sebagainya?”.

Kamu tidak perlu tahu merk atau seri yang bagaimana ingin dibeli, cukup mengetahui spesifikasi standar bekas diinginkan. Selain itu, tentukan bentang atau ukuran layar juga diinginkan.

2.      Lakukan Survei Harga

Jika sudah tahu terkait smartphone apa yang mau dibeli dan apa merk serta tipe, maka sebelum membeli, kamu harus mengetahui berapa harga bekas pasarannya. Cari tahu informasi tersebut agar dapat dibandingkan.

Dalam hal beli gadget bekas, bisa mencari tahu harga dengan membuka situs-situs e-commerce. Selain itu bisa membandingkan harga yang ingin dibeli, serta bisa melihat berbagai review.

3.      Mencari Penjual yang Reputable

Jika kamu memutuskan untuk membeli secara online. Agar terhindar dari rasa kecewa karena barang yang diterima tidak sesuai, kamu harus menentukan penjual memiliki reputasi yang baik.

4.      Lebih Baik Bertemu Langsung

Jual beli secara online memang akan lebih praktis dan mudah. Tapi kalau kamu mau mengecek smartphone terlebih dahulu, bertemu langsung dengan si penjual akan lebih baik.

Foto atau gambar yang bagus bukan menutup kemungkinan bahwa hal tersebut nantinya akan memuaskan. Ketika sampai di rumah, bisa saja barang itu dapat membuat kamu kecewa.

5.      Pastikan bahwa Bukan Barang Curian

Ini merupakan keuntungan lain yang diperoleh jika bertemu langsung dengan penjual. Kamu bisa menilai untuk beli gadget bekas, apakah orang tersebut mawarkan barang curian atau tidak.

Barang curian sering kali dijual dengan harga terjangkau, jika yang kamu beli harganya sangat murah, tanyakan kepada penjual kenapa semurah itu. Bisa meminta nomor IMEI lalu mengecek sendiri.

6.      Periksa Terlebih Dahulu

Cek kondisi barang, salah satu hal penting saat membeli gadget second adalah memeriksa secara fisik. Jika hanya lecek kecil dan tidak terlalu banyak, masih dapat di tolerir namun terlampau fatal bisa dipertimbangkan.

Perhatikan apakah pernah terendah air atau tidak, kamu bisa cek dengan kasat mata. Lihat bagian soket, jika tembaganya tampak korosi soket tersebut mungkin sudah terpapar cairan.

Tanyakan juga terkait kelengkapan, akan baik jika penjual masih menyimpan box, buku manual, charger, dan segala perlengkapan lain yang didapatkan dalam pembelian pertama dulu.

7.      Beli Gadget Bekas dengan Nego

Setelah semua hala beres dan kamu sudah yakin untuk membelinya, mulai lakukan negosiasi dengan serius. Sebutkan kekurangan dari barang tersebut ketika akan menawar harga.

Jika barang tersebut sudah tidak memiliki garansi atau kelengkapan lain tidak sempurna, itu kesempatan kamu untuk meminta pengurangan harga. Tetapi ingat, lakukan negosiasi tetap dalam batas wajar.

8.      Cari dengan Spesifikasi Terbaru

Pastikan barang yang kamu beli mempunyai spesifikasi hardware serta software yang tidak terlalu ketinggalan zaman. Pastikan spesifikasi tersebut mendukung untuk melakukan segala kebutuhan menggunakan gadget.

Jangan ragu untuk mengutak-atik semua yang ada dalam smartphone yang akan dibeli. Tombol, baterai, dan lainnya harus dipastikan berfungsi sebelum beli gadget bekas tersebut.

You cannot copy content of this page