apakah hp 4g bisa upgrade ke 5g

Ini Jawaban Lengkap atas Apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G?

Penggunaan teknologi jaringan terbaru merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Kemunculan sinyal 5G yang digadang-gadang memiliki kecepatan 10 kali lipat dari generasi jaringan 4G sontak menampilkan tanya. Apakah HP 4G bisa di upgrade ke 5G?

Kabar baiknya, tindakan upgrade jaringan dari 4G ke 5G bisa kamu lakukan dengan berbagai penyesuaian perangkat HP dan operator. Selain itu, ada berbagai pertimbangan yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan mengubah jaringan 4G ke 5G.

Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Sebagian dari kamu mungkin masih penasaran mengapa begitu banyak orang ingin tahu apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G. Rupanya sistem jaringan generasi terbaru ini memang mempunyai berbagai keunggulan menarik yang menggoda untuk disimak.

Berikut perbedaan keduanya yang perlu kamu pahami untuk pilih HP 4G atau 5G:

1. Kecepatan 10 Kali Lipat

Sebagaimana kita ketahui, sinyal 4G hanya mempunyai kecepatan maksimal hingga 1.000 Mbps. Jaringan 5G menawarkan kecepatan hampir 10 kali lipat yakni 20GB per-detik. Dengan kekuatan demikian, pengguna hanya membutuhkan hitungan detik untuk mengakses berbagai layanan streaming atau unduhan.

2. Durasi Latensi Lebih Cepat

Entah bagaimana nasib HP 4G setelah ada 5G dengan jeda latensi yang lebih singkat. Latensi merupakan jeda yang diperlukan sistem untuk memenuhi perintah pengguna. Pada jaringan 5G, jeda latensi hampir tidak tampak sehingga tampilan tidak lemot sama sekali.

3. Kapasitas Pengguna Lebih Banyak

Selain 2 keunggulan di atas, kelebihan 5G juga meliputi jumlah kolektif pengguna. Dalam keramaian, jaringan 5G tidak mudah lemot kendati digunakan banyak orang dalam waktu bersamaan. Aspek ini tentu sangat mendukung kegiatan team dalam berbagai bidang.

Melihat berbagai kelebihan di atas, apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G? tentu sangat menyenangkan apabila kita bisa meningkatkan kecepatan berselancar di media sosial atau mengakses berbagai informasi digital.

Cara Mengubah Jaringan 4G Menjadi 5G

Jaringan 5G pertama masuk ke Indonesia pada bulan Mei tahun 2021. Era baru teknologi komunikasi dan informasi pertama kali diprakarsai oleh Telkomsel.  Pada peluncurannya, Telkomsel berhasil menyebar radar jaringan di 6 titik di daerah Jakarta.

Demi menjawab pertanyaan apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G, kita akan langsung membahas cara mengupdate jaringan 4G ke 5G. Setiap provider maupun perangkat HP memiliki teknik masing-masing, mari kita pelajari:

1. Cara upgrade jaringan 4G ke 5G Telkomsel

Telkomsel menjadi provider yang pertama kali menyambut kedatangan sinyal 5G di Indonesia. Para pengguna Telkomsel wajib bangga karena kini kamu sudah bisa beralih ke jaringan 5G tanpa harus membeli nomor baru.

Meski begitu, pihak Telkomsel sendiri belum merilis informasi sah mengenai cara mengubah jaringan 4G ke 5G bagi penggunanya. Kebanyakan tutorial masih bersifat kemungkinan berdasarkan teknik-teknik perpindahan jaringan sebelumnya.

Adapun langkah yang bisa kamu tempuh untuk melakukan perpindahan jaringan adalah mengunjungi GraPARI terdekat. Tentunya, petugas GraPARI akan siaga melayani keperluan pengguna, tidak terkecuali dalam hal upgrade jaringan ke 5G.

2. Cara Upgrade Jaringan 4G ke 5G Iphone 12

Iphone 12 menjadi edisi Iphone pertama yang relevan dengan jaringan 5G dan merupakan salah satu HP 5G terbaru secara umum. Cara mengubah jaringan di perangkat ini bisa kita lakukan secara sederhana melalui menu pengaturan:

  • Buka menu setting atau pengaturan;
  • Pilih opsi cellular;
  • Klik pilihan cellular data options;
  • Pilih voice&data;
  • Ubah pilihan menjadi 5G on.

3. Cara Upgrade Jaringan 4G ke 5G di HP Samsung

Apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G dengan mudah di HP Samsung? Tentu saja bisa. Berikut caranya:

  • Buka menu pengaturan;
  • Klik menu connections;
  • Pilih opsi mobile network;
  • Masuk ke pilihan network mode. Bagian ini akan menampilkan pilihan jaringan yang tersedia, mulai dari 2G hingga 5G;
  • Pilih jaringan 5G.

Selain HP merk Iphone dan Samsung, sesungguhnya vendor HP lain juga sudah memiliki izin akses jaringan 5G secara komersial. Misalnya Xiaomi, Vivo, Oppo, Huawei, hingga Realme. Namun belum terbit informasi valid mengenai teknik akses jaringan tersebut di android 4G.

Pertimbangan sebelum Mengubah Jaringan 4G ke 5G

Seperti halnya jenis-jenis jaringan sebelumnya, kemunculan sinyal 5G perlu dilakukan secara bertahap. Kendati memiliki banyak keunggulan, masih ada beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian bagi kamu yang ingin mengubah sinyal 4G.

Jadi, sebelum kamu mengiyakan jawaban dari apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G, perhatikan beberapa aspek berikut:

1. Jaringan Masih Sangat Terbatas

Dengan berat hati, saya harus menyampaikan bahwa tahun 2022 bukanlah waktu terbaik beli HP 5G. Pasalnya, sinyal 5G baru aktif di wilayah tertentu saja di Indonesia. Tercatat, baru wilayah Jakarta dan Solo yang dapat menikmati kecanggihan sinyal terkini ini.

Bukan hanya itu, seringkali fungsi jaringan 5G belum dapat optimal. Kecepatan nya masih minim sehingga tentu tidak nyaman digunakan.

2. Perlu Upgrade Perangkat Lunak

HP 4G apa bisa dipakai 5G? Berdasarkan uraian sebelumnya, HP berbasis android yang sebelumnya digunakan untuk mengakses sinyal 4G dapat dialihkan ke sinyal 5G. Syaratnya perangkat Android tersebut sudah memiliki perangkat lunak untuk mengaktifkan 5G.

Sistem ini disebut chipset. Hanya Android dengan chipset yang sudah mendukung jaringan 5G dapat melakukan peralihan ini. Oleh karena itu, lebih penting bagi pengguna untuk memilih HP dengan chipset terbaru sebelum membeli demi memudahkan peralihan.

3. Tidak Semua Chipset Bagus Mendukung 5G

HP dengan chipset bagus dan mahal belum tentu mendukung jaringan 5G. Penyebabnya, hanya chipset yang memiliki spectrum sesuai dengan radar 5G yang dapat terkoneksi. Sebagus apapun chipset tanpa spectrum ini tidak dapat dikoneksikan.

4. Jangan Menggunakan Jaringan 5G untuk Sekedar Coba-Coba

Ketiga pertimbangan di atas memberikan kesimpulan kepada kita bahwa memaksakan penggunaan jaringan 5G hanya untuk coba-coba bukanlah pilihan tepat. Apalagi jika kamu hanya sekedar mengikuti gengsi semata agar tampak keren.

Bisa dikatakan bahwa pengaplikasian sinyal 5G di Indonesia belum sepenuhnya optimal. Memaksa menggunakan jaringan ini justru dapat menyebabkan akses jaringan menjadi tidak efektif.

Jadi, apakah HP 4G masih worth it? Tentu saja hp dengan sinyal 4G masih worth it untuk dibeli. Namun usahakan memilih perangkat dengan chipset yang mendukung penggunaan jaringan 5G.

Demikian jawaban atas pertanyaan  apakah HP 4G bisa upgrade ke 5G sekaligus penjelasannya secara rinci. Semoga informasi ini bisa meredakan rasa penasaran pembaca terhadap kekuatan sinyal 5G yang sedang ramai menjadi perbincangan.

Selain itu, semoga uraian di atas juga bisa menjadi pertimbangan bagi pembaca yang ingin mencoba beralih kepada jaringan 5G. Tujuannya agar tidak muncul penyesalan di kemudian hari.

You cannot copy content of this page