Apa itu NFC pada handphone

Apa Itu NFC Pada Handphone dan Fungsinya

Apakah kamu pernah mendengar mengenai NFC? Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai apa itu NFC pada handphone. Hal ini penting untuk diketahui supaya kamu bisa memahami mengenai NFC dan fungsinya di HP dengan baik.

Mengenal NFC di HP

Jika Anda masih asing dengan NFC, maka kami akan menjelaskan terkait dengan apa itu NFC. NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran.

NFC juga dikenal dengan istilah komunikasi medan dekat. Sehingga kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran digital. Saat ini NFC dapat membantu kamu untuk melakukan transaksi belanja online dengan mudah.

Apa itu NFC pada handphone? NFC di HP dapat memudahkan kamu untuk melakukan pembayaran. Sehingga kamu tidak perlu melakukan pembayaran tunai. Kamu tidak perlu khawatir jika lupa membawa dompet.

Cara Kerja NFC

Jika kamu masih penasaran dengan apa itu NFC pada handphone dan cara kerjanya, maka kamu harus membaca penjelasan ini. Cara kerja NFC memerlukan dua jenis perangkat kompatibel yang akan membantu kinerja NFC.

Terdapat dua jenis perangkat yang akan membantu kinerja fitur NFC di HP, sebagai berikut:

1. Perangkat Pasif

Perangkat pasif berupa perangkat transmitter kecil yang hanya bisa mengirim informasi ke perangkat NFC yang membutuhkan daya. Perangkat ini tidak perlu mengolah informasi yang diterima. Sehingga membutuhkan perangkat aktif agar dapat terhubung.

NFC perangkat pasif dapat berupa kartu uang elektronik, sehingga kamu baru bisa menggunakannya jika terhubung dengan perangkat lainnya. Hal ini menyebabkan perangkat ini tidak bisa terlepas dari perangkat aktif NFC.

2. Perangkat Aktif

Perangkat aktif adalah perangkat yang bisa mengirim dan menerima data. Contoh dari perangkat aktif adalah Smartphone yang sudah memiliki fitur NFC. Selain itu, kamu juga bisa melihat perangkat aktif NFC pada alat mengisi ulang kartu uang elektronik.

Sehingga kamu bisa melakukan berbagai kegiatan pembayaran online dengan mudah. Perangkat aktif akan membantu kamu mengirim uang dan menerima uang. Tentunya uang dalam bentuk elektronik yang bisa kamu gunakan untuk transaksi online.

Supaya kamu memahami apa itu NFC pada handphone dan cara kerjanya, maka kamu bisa memperhatikan cara kerja WiFi. NFC memiliki cara kerja yang sama dengan menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan pesan.

NFC pada Android bekerja dengan menggunakan Radio-frequency identification (RFID). Sehingga memerlukan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi. Kedua komponen pasif dan aktif memiliki peranan yang sama dalam kinerja NFC.

Fungsi NFC di HP yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu NFC pada handphone dan fungsinya? Kamu perlu mengetahui apa fungsi NFC, supaya kamu bisa menggunakannya dengan baik. Sehingga keberadaan NFC di HP bisa bermanfaat sesuai dengan fungsinya.

Beberapa fungsi NFC di HP yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Mengirim Data

Apa itu NFC pada handphone dan fungsi dasarnya? Salah satu fungsi dasar dari NFC adalah mengirim data. Pada dasarnya keberadaan NFC diidentikkan dengan transfer kontak atau nomor telepon.

NFC dapat membantu kamu mengirimkan data dengan mudah. Misalnya kamu ingin menyalin kontak dari HP satu dengan HP yang lain. Kamu hanya perlu menempelkan kedua HP tersebut. Sekali sentuh, maka kontak akan tersalin pada HP yang lain.

Kamu juga bisa mengirimkan file foto, dokumen, dan file lainnya dengan mudah menggunakan NFC. Sekali sentuh, file yang kamu inginkan akan segera terkirim. Tetapi, pastikan kedua HP tersebut telah menggunakan fitur NFC.

2. Melakukan Transaksi Pembayaran

Fungsi lain dari NFC yang perlu kamu ketahui adalah dapat digunakan untuk transaksi pembayaran. Dalam artian, kamu bisa menggunakan NFC ketika melakukan pembayaran di pusat perbelanjaan.

Kamu tidak perlu pusing mengeluarkan dompet, pastikan saja HP kamu sudah menggunakan fitur NFC. Sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan membayar dengan cara yang lebih mudah. Kamu tidak perlu takut ketinggalan dompet, NFC akan menyelamatkan kamu.

Manfaat NFC pada HP bisa membantu memudahkan aktivitas berbelanja kamu. Sehingga kamu bisa melakukan pembayaran dengan lebih cepat. Pastikan saja, bahwa tempat tersebut menyediakan pembayaran dengan menggunakan fitur NFC.

3. Mengecek dan Mengisi Kartu Elektronik

Setelah mengetahui mengenai apa itu NFC pada handphone, maka kamu perlu mengetahui fungsi penting dari NFC. Kamu bisa menggunakannya untuk mengecek saldo uang elektronik kamu dengan mudah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengisi ulang saldo uang elektronik kamu dengan mudah. Sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan pembayaran dengan cepat. Misalnya kamu perlu membayar tol, maka kamu tidak perlu mengeluarkan uang tunai.

Pastikan kamu segera menggunakan fitur NFC supaya bisa merasakan manfaatnya. Silakan untuk segera membeli HP yang memiliki fitur NFC. Kamu juga bisa membeli HP NFC murah supaya bisa tetap berhemat.

4. Kartu Akses

Jika di kantor kamu memerlukan kartu akses untuk masuk, maka kamu bisa menggunakan NFC. Kegunaan NFC di HP yaitu bisa digunakan sebagai kartu akses. Kamu bisa menggunakan NFC sebagai pengganti kunci konvensional.

Kamu perlu melakukan emulasi kartu akses menggunakan NFC. Sehingga HP kamu bisa digunakan untuk membuka akses pintu, lift, dan sebagainya. Kamu juga bisa dengan mudah masuk ke kantor jika lupa membawa kartu akses.

Pastikan saja, kamu tidak lupa untuk emulasi kartu akses tersebut. Sehingga kamu bisa mengakses lokasi dengan mudah meskipun lupa membawa kartu aksesnya. Pastikan saja, fitur NFC ada di HP kamu.

5. Pengisian Daya

Jika kamu menggunakan fitur NFC, maka kamu bisa melakukan pengisian daya dengan mudah. Dalam artian, kamu bisa melakukan pengisian daya nirkabel. Pengisian daya dapat dilakukan dengan menempelkan HP dengan HP yang lainnya.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika HP kamu kekurangan daya. Kamu bisa meminta daya kepada teman kamu. Pastikan bahwa kedua HP tersebut menggunakan fitur NFC sehingga bisa melakukan pengisian daya secara induksi.

HP baterai tanam akan memudahkan proses induksi. Sehingga daya akan lebih cepat teralirkan dan pengisian daya dapat dilakukan dengan cepat. Kamu perlu mempertimbangkan penggunaan NFC ini dengan baik.

Apakah NFC di HP Penting?

Jika kamu tertarik untuk menggunakan NFC, maka kamu perlu mempertimbangkan fungsinya dengan baik. Sehingga kamu bisa memutuskan untuk menggunakan fitur NFC. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik dan memudahkan kehidupan kamu.

Pastikan kamu mengetahui cara cara cek NFC di HP supaya bisa menggunakannya dengan baik. Bijaksanalah dalam menggunakan fitur ini supaya kamu tidak terkena masalah. Jangan sembarangan mengakses dan menyalin kontak orang lain tanpa izin.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu NFC pada handphone dan fungsinya yang perlu diketahui. Pastikan kamu bijak dalam menggunakan teknologi sehingga keberadaannya tidak merugikan orang lain.

You cannot copy content of this page