apa itu metaverse crypto

Apa itu Metaverse Crypto? Yuk Berkenalan Dengannya!

Saat ini dunia sedang memberikan perhatian besar pada Metaverse. Dunia virtual yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini menjadi begitu digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Lalu, sebenarnya apa itu Metaverse Crypto?

Pertanyaan tersebut tentu sempat terlintas dalam benak kamu. Tentang bagaimana cara menggunakannya dan berbagai pertanyaan-pertanyaan terkait lainnya.

Apa itu Metaverse Crypto?

Metaverse Crypto merupakan sebuah proses transaksi di dunia Metaverse (virtual) yang menggunakan kripto sebagai alat pembayaran yang sah.

Metaverse sendiri dianggap sebagai replika dari dunia nyata. Kamu bisa membeli tanah di Metaverse, berkomunikasi dengan orang lain, bermain game, bertransaksi, dan melakukan jual beli di sini.

Semua itu bisa kamu lakukan di Metaverse. Kehadiran Metaverse tentu menjadi begitu digandrungi karena menawarkan berbagai hal tersebut. Kamu cukup menggunakan Virtual Reality (VR) supaya bisa terhubung dengan dunia Metaverse.

Ciri Khas Metaverse Crypto

Setelah membahas tentang apa itu Metaverse Crypto, kamu perlu mengetahui tentang ciri khasnya. Nah, berikut ini merupakan beberapa ciri khas dari Metaverse Crypto.

1. Penghubung Antara Dunia Nyata dan Dunia Virtual

Cukup menggunakan VR, maka kamu bisa langsung terhubung dengan Metaverse. Ketika kamu menjelajahi dunia Metaverse, seakan-akan kamu seperti berkelana dunia nyata karena bentukannya yang dibuat semirip mungkin.

2. Mampu Memberikan Sebuah pengalaman yang Real Time

Keunggulan dari Metaverse yaitu mampu menjelajah ke berbagai tempat dalam satu waktu. Jadi, kamu bisa berpindah-pindah tempat dengan mudah. Tentu ini sangat menarik minat para pengguna Metaverse.

3. Memiliki Fungsi Sebagai Ekonomi Virtual

Di Metaverse, kamu bisa melakukan transaksi jual beli. Jadi, benar-benar layaknya di dunia nyata. Dengan menggunakan kripto sebagai alat pembayarannya, kamu bisa melakukan transaksi tersebut.

4. Sifat Desentralisasi

Metaverse memiliki sifat desentralisasi. Artinya pengguna Metaverse di seluruh dunia, termasuk Metaverse di Indonesia bisa merasakan keadilan. Bila pemilik dari Metaverse Crypto pergi, maka pengguna yang lain tetap bisa mengaksesnya seperti biasa.

5. Terbuka untuk Penggunanya

Umumnya, berbagai platform memberikan produknya dengan bisa langsung dinikmati oleh penggunanya. Berbeda dengan Metaverse yang mengikutsertakan penggunanya dalam membangun platform tersebut.

6. Memiliki Sifat yang Tetap dan Tanpa Batas

Dunia Metaverse terus menerus berjalan tanpa reset. Jadi, pengguna bisa terus menggunakannya. Selain itu, dunia virtual ini tidak memiliki akhir maupun batasan dengan berbagai perkembangan yang dilakukan.

Apa itu Cryptocurrency?

Metaverse berhubungan erat dengan cryptocurrency. Cryptocurrency sendiri merupakan alat pembayaran (transaksi) digital yang hanya bisa dan hanya berlaku di dunia virtual saja. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk keperluan jual beli.

Cryptocurrency tidak berupa koin atau uang tunai. Rupanya dalam bentuk digital dan disimpan dalam dompet digital. Meskipun, bentuknya digital, tetapi nilai dari crypocurrency cukup tinggi.

Dengan menggunakan mata uang kripto ini, kamu juga bisa membeli tanah di Metaverse. Harag tanah di Metaverse saat ini mencapai 3,7 Ether atau setara dengan Rp 176,88 juta. Harga tersebut bisa kamu temukan di The Sandbox.

Namun, bila kamu membuka Decentraland, harga tanah di Metaverse dijual senilai 3, 46 Ether atau senilai Rp 165,41 juta. Untuk setiap 96 m2, kemungkinannya Rp 176,88 juta di Metaverse.

Cara Membeli Koin Metaverse

Memahami tentang apa itu Metaverse Crypto belum lengkap bila belum memahami pengertian tentang koin Metaverse.

Koin Metaverse dirancang untuk berbagai tujuan. Sebut saja sebagai pembayaran atau alat transaksi di dunia Metaverse. Berikut ini adalah beberapa koin Metaverse kripto yang menduduki puncak teratas.

  1. Decentraland
  2. Sandbox
  3. Axie Infinity
  4. Theta

Itu dia beberapa koin Metaverse kripto yang menduduki puncak teratas. Lalu, bagaimana cara membelinya?

  1. Pertama, buat akun kamu terlebih dahulu di situs metaverse-ico.com
  2. Kemudian, isilah formulir registrasi dan lakukan log in menggunakan akun Google maupun Facebook kamu
  3. Lalu, kamu akan melihat halaman dashboard akun meta koin
  4. Pilih Buy Token bila kamu berencana untuk membeli koin
  5. Ikuti langkah-langkah yang diarahkan
  6. Kamu bisa melihat transaksi yang kamu lakukan pada menu Transactions dan melihat status token yang kamu miliki pada My Token

Nah, itulah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukan pembelian token di Metaverse Crypto. Jangan lupa untuk memantau pembelian kamu supaya tidak salah beli jumlah koin.

Apa itu NFT?

Berikutnya adalah tentang NFT. Kamu perlu mengenal NFT bila ingin melakukan jual beli di Metaverse. Setelah pembahasan tentang apa itu Metaverse Crypto, tidak ada salahny sedikit membahas tentang NFT.

Jadi NFT atau Non Fungible Token merupakan aset digital yang bisa diperjualbelikan di dunia Metaverse dengan kripto sebagai mata uangnya.

NFT ini bisa berupa banyak hal. Misalnya musik, gambar, foto, lukisan, item game, video, dan lain sebagainya. Kamu bisa membeli semua NFT tersebut yang sudah dipasarkan. Kamu pun juga bisa menjual NFT-mu sendiri.

Dampak Positif Metaverse

Bila kamu sudah paham tentang apa itu Metaverse Crypto, hal lain yang tidak boleh kamu abaikan selanjutnya adalah dampak-dampaknya. Terkait adanya Metaverse ini, berikut dampak positif yang bisa kamu dapatkan.

1. Sebagai Sarana untuk Berekspresi

Bila sebelumnya kamu bisa mengekspresikan diri dengan foto dan video menggunakan media sosial, sekarang kamu bahkan bisa melakukan lebih dari itu. Menggunakan animasi 3D yang lebih nyata, kamu bahkan bisa bereksplorasi dan melakukan banyak hal di Metaverse.

2. Menjadi Pengalaman Baru Bagi Kamu

Metaverse merupakan teknologi baru yang bisa kamu nikmati. Tentu sebagai pengalaman yang baru, ini bisa membantu kamu dalam memancing sisi kreatif kamu di sini. Selain itu, ada banyak hal baru yang bisa kamu rasakan di Metaverse.

3. Mampu Meningkatkan Produktivitas

Mengenal dunia Metaverse tidak serta merta membuat kamu kecanduan dalam hal sia-sia. Justru kamu bisa berbisnis di sini. Kamu bisa melakukan transaksi jual beli di dunia Metaverse Crypto. Dengan begitu kamu bisa menghasilkan uang.

4. Media Teleportasi

Di Metaverse kamu bisa bertemu teman-teman kamu tanpa perlu datang dengan melakukan perjalanan jauh dan berhari-hari. Kamu tidak akan memakan waktu yang lama bila berkunjung ke rumah teman di dunia Metaverse.

Dampak Negatif Metaverse

Selain memberikan dampak positif, Metaverse juga menimbulkan dampak negatif. Ini dia beberapa dampak negatif yang perlu kamu waspadai.

1. Menimbulkan Kecanduan

Sama halnya dengan bermain game atau medsos. Bermain di Metaverse juga bisa menimbulkan kecanduan. Bahkan bisa lebih parah dari sebelumnya karena di Metaverse, kamu bisa membangun dunia kamu sendiri.

2. Bisa Memicu Depresi

Ada banyak hal di Metaverse yang bisa menyebabkan depresi. Di antaranya pembulian, tulisan-tulisan yang menyakitkan, dan kurangnya gerak maupun kekurangan sinar matahari mampu menyebabkan depresi.

3. Menimbulkan Gangguan Kesehatan

Bila seseorang berlama-lama menggunakan VR, tentu akan berdampak pada kesehatan tubuhnya. Selain itu, kamu juga kurang gerak, sehingga juga sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatanmu.

4. Bahaya tentang Keamanan Data Diri

Keamanan data diri kamu bisa menjadi berbahaya karena adanya peretas. Ada banyak peretas di berbagai aplikasi maupun platform. Jadi, kamu perlu berhati-hati dengan keamanan data diri kamu.

Nah, itu dia pengertian tentang apa itu Metaverse Crypto dan berbagai hal yang bersangkutan dengannya. Dengan memahami hal-hal yang berkaitan dengan Metaverse dapat mempermudah kamu dalam memainkannya. Selain itu, kamu bisa paham akan dampaknya.

You cannot copy content of this page