Alat untuk menghubungkan ke internet

Berikut Alat untuk Menghubungkan ke Internet Termudah

Alat untuk menghubungkan ke internet merupakan sesuatu yang sangat penting. Terlebih lagi jika kamu sedang berada pada kondisi dimana wifi pada laptop mengalami kerusakan. Biasanya ini membuat laptop tersebut sulit mengakses internet.

Kondisi ini jelas menjadi hal yang menyulitkan. Itu karena, laptop yang tidak bisa mengakses internet sama seperti ponsel yang tidak memiliki kuota. Menggunakannya dalam kondisi seperti itu pasti terasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, dibutuhkan alat yang mampu menghubungkan laptop tersebut ke internet. Itu karena jika harus melakukan perbaikan wifi, biaya yang perlu dikeluarkan terlalu besar. Jauh lebih mudah jika membeli alat tambahan dan langsung memakainya.

Alat untuk Menghubungkan ke Internet

Alat yang bisa menghubungkan ke internet yang dimaksud adalah modem. Perlu diketahui, sistem kerja modem sendiri sebenarnya cukup sederhana. Nantinya modem tersebut akan bisa memberikan akses internet kepada laptop secara langsung.

Perlu diingat juga, modem sebenarnya mirip dengan kemampuan koneksi internet di ponsel. Itu karena, modem membutuhkan kartu SIM yang memiliki kuota untuk bisa mengakses internet. Oleh karena itu, modem tersebut perlu diisi kartu SIM terlebih dahulu.

Jika persiapannya sudah selesai, kamu bisa langsung menghubungkan modem tersebut ke laptop atau PC. Disini langsung saja ikuti setiap instruksi yang muncul. Biasanya tahap awal yang perlu dilakukan adalah menginstall driver.

Untuk kamu yang belum paham, driver adalah software yang berguna untuk mengoperasikan alat untuk menghubungkan ke internet ini. Tanpa adanya driver, modem hanya akan terhubung ke laptop tanpa bisa digunakan fungsinya.

Sebenarnya driver sendiri dibutuhkan untuk semua bagian di laptop. Sebagai contoh kamu pasti melihat keyboard dan keypad di laptop yang digunakan. Sebenarnya jika diteliti lebih jauh, keyboard dan keypad tersebut juga memiliki driver sebagai penggerak.

Oleh karena itu, pemasangan driver juga wajib dilakukan saat memakai modem. Tetapi ingat, pastikan pemasangan driver sudah dilakukan sampai selesai. Itu karena, ada beberapa tahap yang perlu dilewati ketika akan memasang driver.

Jika alat untuk menghubungkan ke internet ini belum diinstall hingga seluruhnya, penggunaan tidak akan bisa dilakukan. Indikator selesai sendiri akan terlihat jika bilah bertuliskan “finish” sudah muncul pada jendela di layar.

Berikut Perbedaan Modem dan Router

Beberapa dari kamu pasti sering mendengar istilah router sebagai penghubung ke internet. Kondisi tersebut memang tidak bisa disalahkan mengingat router sendiri bisa digunakan untuk menghubungkan ke internet. Hanya saja sistem kerjanya berbeda dengan modem.

Ketika menggunakan modem, kamu hanya perlu memasukkan SIM card yang memiliki kuota dan modem tersebut sudah bisa digunakan pada laptop. Nantinya tidak ada aktivitas tambahan lain yang perlu dilakukan untuk menghubungkannya ke internet.

Namun kondisi berbeda akan terasa jika menggunakan menggunakan alat untuk menghubungkan ke internet bernama router. Itu karena, router berfungsi untuk memindahkan jaringan internet ke beberapa laptop sekaligus.

Misal kamu memiliki wifi di rumah yang kondisinya hanya menjangkau beberapa titik. Nantinya router bisa dipakai untuk menyebarkan wifi tersebut ke area yang lebih luas. Setelah itu, laptop di area tersebut bisa langsung menyalakan wifi.

Dengan cara ini, laptop yang bisa menggunakan jaringan internet menjadi lebih banyak. namun yang jadi masalah, menyiapkan router tidak semudah modem. Itu karena, persiapannya harus dilakukan oleh ahli supaya jaringannya bisa lancar ketika dibagikan.

Dunia internet sendiri memang terus mengalami pengembangan. Router sendiri memang salah satu bukti dari pengembangan tersebut. Mungkin saja di masa depan, alat untuk menghubungkan ke internet jumlahnya akan membanyak.

You cannot copy content of this page