5g vs wifi

Mengenai Jaringan 5G VS WiFi 5G, Ketahui Perbedaannya

Teknologi informasi dan komunikasi kini berjalan semakin cepat, kini ada terobosan baru yang sedang diperbandingkan yaitu jaringan 5G vs WiFi 5G. Seperti yang banyak diketahui, jaringan 5G adalah jaringan terbaru dalam proses komunikasi.

Jaringan ini digadang-gadang lebih cepat, lebih tanggap, dan lebih sedikit gangguan dibandingkan jaringan sebelumnya yaitu 4G. Sudah banyak produk handphone 5G murah yang muncul di pasar. Membuat jaringan terbaru ini semakin terjangkau untuk masyarakat.

Selain itu, muncul juga jaringan WiFi 5G yang menjadi jaringan tanpa kabel terbaru yang juga disebut memiliki teknologi baru juga dalam teknologi jaringan. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan jaringan 5G dan jaringan WiFi 5G itu sendiri.

Apa kedua jaringan ini memiliki hubungan?. Karena kehadirannya yang masih relatif baru, adalah hal yang wajar jika sebagian orang tidak mengenal jaringan ini. Karena itu, berikut akan dijelaskan secara lengkap mengenai kedua jaringan ini dan perbedaannya.

Mengenal Jaringan 5G sebagai Jaringan Telekomunikasi

Sebelum melakukan perbandingan jaringan 5G vs WiFi 5G, tentu saja lebih baik bagi kamu untuk mengenal terlebih dahulu. Apa yang sebenarnya disebut sebagai jaringan 5G dan posisinya sebagai jaringan telekomunikasi.

Secara sederhana, jaringan 5G adalah jaringan seluler yang sudah mencapai generasi kelima. Sebagai generasi lanjutan, sudah sewajarnya jika generasi ini memiliki kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya yaitu generasi 4G atau generasi keempat.

Generasi kelima jaringan telekomunikasi ini digadang sebagai pembawa perubahan baru terhadap jaringan internet di dunia digital. Berikut adalah beberapa kelebihan jaringan 5G yang digadang-gadang.

  • Kecepatan 10 kali lebih cepat daripada jaringan 4G.
  • Memiliki durasi latensi jaringan yang jauh lebih rendah.
  • Memiliki kapasitas yang lebih besar walaupun berada di keramaian.

Namun, sesempurna apapun teknologi jaringan dihadirkan. 5G juga masih memiliki kekurangan tertentu. Terutama, pada bagian keterjangkauan jaringan ini, karena penyebarannya yang belum rata. Merupakan hal wajar jika di beberapa wilayah tidak terjangkau jaringan ini.

Namun, ini hanya masalah waktu saja sampai penggunaan dari jaringan 5G ini semakin luas. Seperti jaringan 4G pada awal pengenalannya, di mana jaringannya juga belum seluas jaringan 5G sekarang ini.

Jika dilihat dari perkembangan teknologi komunikasi sendiri, jaringan 5G adalah inovasi dan teknologi yang paling baru. Karena itu, bisa dibilang teknologi ini unggul jika dibandingkan dengan teknologi jaringan lainnya baik yang seluler maupun yang nirkabel.

Mengenal Jaringan WiFi 5G Sebagai Jaringan Tanpa Kabel

Selain jaringan seluler, jaringan WiFi adalah alternatif untuk tersambung dengan dunia digital. Pada jaringan WiFi juga terdapat perkembangan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satu inovasinya adalah jaringan WifI 5 GHz. .

Jaringan WiFi 5 GHz adalah pilihan frekuensi baru yang menawarkan berbagai kelebihan jaringan dibandingkan dengan koneksi jaringan sebelumnya yaitu 2.4 GHz. Namun, kenapa akhirnya jaringan ini dsebut sebagai jaringan WiFi 5G.

Ternyata, kedua jaringan ini dirilis dan dikenalkan dalam waktu yang bersamaan. Sebagai jaringan terbaru di masanya. Tidak heran, jika kedua jaringan ini pun saling mempengaruhi popularitasnya.

Jadi, jaringan WiFi 5G sendiri merupakan kependekan jaringan WiFi 5 GHz. Tujuannya memang hanya untuk mempermudah penyebutan saja. Namun, jika ditanya apa hubungannya jaringan 5G dan WiFi 5 GHz.

Ternyata tidak ada hubungan spesifik karena memang kedua jaringan ini berada di lini yang berbeda. Untuk jaringan WiFI 5 GHz sendiri merupakan jaringan dengan pita frekuensi 5 GHz. Sebenarnya jaringan ini sudah dirancang sejak tahun 2009 lalu.

Namun, sepertinya baru populer dan meluas penggunaannya akhir-akhir ini. Jika dibandingkan dengan frekuensi yang lebih kecil. Jenis jaringan ini bisa melakukan transmisi data dengan lebih cepat. Namun, karena frekuensi yang besar jangkauannya menjadi lebih pendek.

Hal ini yang menjadi kelemahan jaringan WiFi ini. Karena tidak efektif jika digunakan di dalam ruangan. Apalagi, jika ruangan berlapis dengan tembok yang tebal.

Alasan Mengapa Disebut Sebagai WiFi 5G ?

Sebelum mengetahui kesimpulan perbandingan jaringan 5G vs WiFi 5G, harus diketahui terlebih dahulu. Mengapa jaringan WiFi ini disebut dengan jaringan WiFi 5G. Padahal, seperti yang disebutkan sebelumnya. Kedua jaringan ini hampir tidak ada hubungannya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya jaringan WiFi 5 GHz sendiri sudah ada dan dikembangkan sejak tahun 2009. Namun, jaringan satu ini bisa dikatakan kurang populer jika dibandingkan dengan jaringan dengan frekuensi yang lebih rendah yaitu WiFi 2.4 GHz.

Jaringan WiFi 2.4 GHz walaupun dengan frekuensi yang lebih lemah dan kemampuan transmisi lebih rendah. Memiliki jangkauan yang lebih luas dan merata apalagi jika soal harga dan biaya. Frekuensi WiFi ini jauh lebih terjangkau.

Namun, akhir-akhir ini kekuatan transmisi sepertinya menjadi daya tarik utama bagi para pengguna internet. Hal ini yang membuat kepopuleran 5 GHz semakin meningkat sebagai jaringan WiFi.

Hal ini tidak bisa dilepaskan dari keberadaan jaringan 5G sendiri. Karena jaringan ini menerapkan standar baru dalam kecepatan transmisi yang digunakan di dunia digital.

Karena kepopuleran kedua jaringan ini yang terjadi hampir bersamaan. Lambat laun, banyak orang yang menyebut WiFi 5G sebagai singkatan dari WiFi 5 GHz. Istilah ini pun dimanfaatkan dalam berbagai materi marketing.

Hingga akhirnya banyak orang yang menganggap WiFi 5G ini memiliki hubungan dengan jaringan 5G. Padahal, jika soal jaringan sendiri kedua jaringan ini merupakan lini yang berbeda.

Perbandingan 5G vs WiFi 5G

Jadi bagaimanakan perbandingan 5G dan WiFi 5G sendiri? Ternyata kedua jaringan ini tidak bisa diperbandingkan. Karena memang pada dasarnya kedua jaringan ini tidak ada hubungannya. Jaringan 5G adalah jaringan seluler, sedangkan jaringan WiFi 5G adalah jaringan nirkabel.

Walaupun sama-sama bergerak sebagai jaringan di dunia digital. Namun, penggunaan antara 5G vs WiFi 5G bukanlah pilihan. Seseorang bisa saja menggunakan jaringan 5G dan WiFI 5G sekaligus karena memang di jaringan yang berbeda.

Jika dibandingkan dari teknologinya sendiri, jaringan 5G vs WiFi 5G bisa dibilang jaringan 5G adalah pemenangnya. Karena jaringan 5G jelas lebih baru sebagai jaringan telekomunikasi. Namun, jaringan WiFi 5G sendiri jauh lebih unggul sebagai jaringan nirkabel.

Pilihan menggunakan jaringan 5G atau WiFi 5G sendiri sebenarnya tergantung pada kebutuhan pada penggunanya. Jika memang yang dibutuhkan adalah jaringan seluler maka 5G adalah pilihan yang paling tepat. Jaringan WiFi 5G adalah opsi untuk nirkabel.

Kesimpulan dari Perbandingan

Kesimpulannya adalah jaringan 5G vs WiFi 5G tidak ada hubungannya dan merupakan dua jaringan yang berbeda. Jika kamu mendapati produk yang menggunakan istilah WiFi 5G sudah bisa dipastikan tidak ada hubungannya dengan jaringan 5G dan mungkin saja hanya scam.

Walaupun perlu diakui bahwa baik jaringan 5G vs WiFi 5G memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing. Apalagi, dengan status dua jaringan ini sebagai jaringan tercepat di lininya masing-masing.

You cannot copy content of this page